Isra’ Mi’raj a Wonderful Journey

Isra' mi'raj

Banyak dikalangan masyarakat kita yang mendefinisikan Isra’ Mi’raj menjadi satu peristiwa yang sama, Padahal sebenarnya Isra’ Mi’raj merupakan dua peristiwa yang berbeda.

Isra’ Mi’raj merupakan dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat islam, karena dalam peristiwa ini Nabi Muhhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam.

Peristiwa Isra’ Mi’raj terbagi menjadi dua peristiwa yang berbeda. Dalam Isra’ Nabi Muhammad SAW “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Beliau mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan sholat lima waktu.

Isra’ Mi’raj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian. Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat Isra’ Mi’raj adalah pembelahan dada Nabi Muhammad untuk disucikan dengan air Zamzam oleh Malaikat Jibril di samping Ka’bah sebelum berangkat ke Yerussalem.

Nabi Muhammad menjadi imam bagi Nabi-Nabi terdahulu ketika melaksanakan sholat sunnah dua rakaat di Masjid Aqsa. Jibril membawa dua gelas minuman berisi susu dan arak, Nabi Muhammad memilih susu, sebagai isyarat bahwa umat islam tidak akan tersesat.

Di langit pertama Rasulullah bertemu dengan Nabi Adam AS, di langit kedua bertemu dengan Nabi Isa dan Yahya AS, di langit ketiga bertemu dengan Nabi Yusuf AS, di langit keempat bertemu dengan Nabi Idris AS, di langit ke enam bertemu dengan Nabi Musa AS, dan di langit ketujuh bertemu dengan Nabi Ibrahim AS.

Peristiwa Isra’ Mi’raj salah satunya terdapat dalam Q.S Al Isra (17) : 1

“Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perhatikan kepadanya sebagian dari tanda-tanda(kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Apa tanggapan antum?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s