Resume Kajian “Jangan Buat Allah Cemburu, Bro!”

Jangan Buat ALLAH Cemburu , Bro !

#SCSS #SatuCintaSampaiSurga

Al-kisah seorang yang bernama Ibnu Hajar Al-Haitami, dulunya ia adalah sosok yang tidak pintar. Suatu saat ketika ia sedang berjalan, ia melihat sebuah batu. Ada sesuatu yang membuat Al-Haitami tertarik memandanginya. Sebuah lubang di satu titik pada batu itu, yang tepat di atasnya terdapat tetesan air yang terus menetesi  titik pada batu itu secara konstan, tes… tes… tes… Dan Al-Haitami pun terdiam. Batu dan air yang tidak hidup itu baru saja memberinya sebuah pelajaran berharga. Batu yang keras apabila terus-menerus ditetesi air saja bisa berlubang. Apalagi otak yang ada di kepala kita dan hati yang ada dalam tubuh ini yang jelas jauh lebih lunak daripada batu. Maka, apabila kita istiqomah untuk terus menuntut ilmu walau sedikit demi-sedikit, sungguh otak dan hati kita mampu menampungnya.

“Barangsiapa yg menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga.” (HR. Muslim)

Ada 3 faktor yang penghalang ilmu sehingga sulit untuk diterima oleh diri kita yang 3 faktor itu juga berasal dari diri kita tanpa kita sadari.

  1. Tertutupnya hati. Hati yang tidak mau terbuka untuk menerima yang haq akan sulit dimasuki oleh ilmu. Maka, bukalah hati kita untuk sebuah kebenaran dari ilmu. J
  2. Hati sudah terpenuhi dengan hal lain. Kurang space di hati untuk ilmu. Jangan kita penuhi hati dengan hal-hal yang belum waktunya. Dan jika diri kita sudah merasa cukup untuk akan ilmu jangan berharap ilmu kita akan bertambah. J
  3. Tinggi hati. Jangan malu untuk berilmu, jangan sombong tak mau berilmu padahal ilmu itu kita butuhkan. So, don’t be Takabur J

 

 

Yak, mulai masuk ke inti permasalahan. Cinta. Cinta adalah fitrah manusia, tanpa cinta manusia pasti kesulitan untuk menjalani hidup. Cinta merupakan kasih sayang yang diberikan Allah SWT ke dalam hati kita. Cinta Allah kepada makhluk-Nya dan cinta ibu dan bapak kita adalah contoh ‘The Real Love’ ya, sebuah cinta yang hakiki. Pernahkah kita merenungi bagaimana ibu kita dengan susah payah melahirkan, bagaimana ayah kita kerja keras untuk menafkahi kita. Sungguh itulah bentuk cinta dan kasih yang sesungguhnya.  

 

Namun kebanyakan remaja masa kini slah mengartikan cinta. Umumnya mereka menyatakan cinta karena faktor yang tidak masuk akal. Ada yang karena gengsi, cinta untuk status sosial, dan ada yang cinta karena takut ketinggalan zaman. It’s not love bro!

 

Sebuah riset yang meneliti tentang penyebab cinta-cintaan ini membuktikan bahwa penyebab jatuh cinta dikarenakan daya tarik fisik (physical attraction love) dan emosi sesaat (romantic love). Cinta karena hal-hal tersebut hanya akan menyebabkan otak kita menjadi obsessive compulsive yaitu dimanapun, kapanpun, bagaimanapun, yang ada di pikiran kita hanyalah si dia.

 

Sesungguhnya, ”Cinta sejati adalah yang dengannya kita lebih mencintai Allah, Rasulullah, dan berjuang di jalan-Nya”. Cinta sejati tak akan pernah menginginkan yang dicintai menjadi sengsara dan berdosa. Inilah cinta, kasih, dan sayang.

 

        ♦       Kalau kita jatuh cinta, kita harus siap sakit

        ♥       Kalau kita bangun cinta, kita harus siap bahagia J

 

 


v Hal yang harus kita waspadai:

ü Pandangan

ü Pembicaraan

ü Sentuhan

v Hal yang menjadi obat syahwat:

ü Memperkuat ibadah

ü Rajin berpuasa

 

 

    ASK YOUR SELF !

ü Sudah pantaskah kita untuk membangun cinta ?

ü Bagaimana aku bisa lebih baik daripada dia ?

 

Pantaskan dirimu, Raih Cinta Kasih -Nya

 

Apa tanggapan antum?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s