Do You Know? #1 (Hukum Membaca Basmallah Sebelum Wudhu)

Bismillah,

Berbeda dari artikel-artikel sebelumnya, artikel yang diberi judul ‘Do You Know?’ akan membahas hal-hal kecil dalam Islam yang mungkin tidak kita ketahui. Selain itu, bisa juga berupa hal-hal menarik mengenai Islam. Selamat membaca.

Hukum Membaca Basmallah Sebelum Wudhu

Sebagian ulama menganggap bahwa hukum membaca basmallah sebelum wudhu hukumnya adalah wajib. Hal tersebut didasarkan dari hadits Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah (membaca basmalah).” (HR Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Akan tetapi, Ibnu Qudamah mengatakan, “Jika kami mengambil pendapat bahwa membaca basmalah hukumnya wajib, maka jika seseorang meninggalkan bacaan ini dengan sengaja, wudhunya tidak sah karena dia meninggalkan suatu yang wajib dalam wudhu. Sebagaimana ketika dia meninggalkan niat. Namun, jika dia meninggalkannya karena lupa, wudhunya sah, sebagaimana keterangan dari Imam Ahmad, yang disebutkan dalam riwayat Abu Daud, bahwa beliau bertanya kepada Imam Ahmad bin Hanbal ketika ada orang yang lupa membaca basmalah. Imam Ahmad menjawab, ‘Saya berharap bahwa hal itu tidak mengapa (wudhunya sah, pent.).’” (Al-Mughni, 1:115)

Berdasarkan keterangan Ibnu Qudamah tersebut, bagi orang yang lupa membaca basmalah, hendaknya dia membacanya ketika ingat, selama masih berwudhu. Namun, jika wudhunya sudah selesai maka kewajibannya membaca basmalah itu dianggap gugur.

Alasan lain mengapa tetap sahnya wudhu seseorang yang tidak membaca basmalah karena lupa atau tidak tahu adalah karena dia mendapatkan udzur karena jahil (tidak tahu hukum) atau karena lupa.

Sumber:

http://www.konsultasisyariah.com/perlukah-membaca-basmalah-ketika-hendak-berwudhu/#axzz1zBvt3fFp

http://abukarimah.wordpress.com/2012/02/08/hukum-membaca-basmalah-sebelum-wudhu/

Apa tanggapan antum?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s