Dua Jenis Orang Yang Bertanya

            Terkadang, orang lain sangat jengkel ketika kita bertanya. Apalagi kalau kita banyak bertanya. Bahkan hal-hal sepele pun dipertanyakan juga. Tapi, enggak semua yang banyak bertanya itu buruk lho. Berikut adalah pembagian secara garis besar tentang orang yang bertanya.

            Yang pertama adalah bertanya untuk memahami keadaan, mengklarifikasi, atau mencari ilmu. Dalam hal ini, bertanya merupakan suatu perbuatan yang positif. Akan tetapi, kita juga harus memilah pertanyaan kita supaya kita hanya menanyakan hal yang penting saja. Biasanya tipe ini tidak menanyakan banyak hal Karena hanya hal-hal penting saja yang dipertanyakan. Contoh: “Nanti berangkat jam berapa? Naik apa?”

            Sedangkan yang kedua adalah banyak bertanya untuk mencari-cari kelonggaran agar bisa tidak mengerjakan suatu perbuatan. Tipe yang kedua ini adalah tipe yang biasa kita sebut Bani Israil. Contoh: “Kalau nanti mendung gimana? Kalau motorku jelek gimana? Lha kalau bannya bocor gimana? Kalau aku telat gimana? Ah gak ikut aja lah.”

Nah sekarang marilah kita menilai diri sendiri. Termasuk yang manakah kita? Apa sebenarnya tujuan kita bertanya?

Oh ya, bagaimana kalau kita yang menjadi pendengar atau orang yang ditanyai?

            Hadits Nabi riwayat Abu Daud, Tirmidzi, Hakim dari Abu Hurairah ra.: “Barang siapa ditanyai tentang sesuatu ilmu, lalu ia menyembunyikannya, maka ia akan diberi pakaian kendali pada mulutnya dari api neraka pada hari kiamat.”

Jadi, jangan jadi penanya yang nyebai dan bagi yang ditanyai jangan mudah sebel. Kecuali kalau pertanyaannya memang gak berguna, gak penting dan gak manfaat.

NB: Afwan, buat haditsnya gak ketemu arabnya.

3 thoughts on “Dua Jenis Orang Yang Bertanya

Apa tanggapan antum?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s