Sehabis Ujian Mau Ngapain?

Kalau Udah Selesai, Mau Ngapain Ya?

Sering sekali kita merasa disibukkan dengan berbagai macam kegiatan yang melelahkan badan. Akan tetapi, sangat sering pula kita merasa nganggur dan bingung mau ngapain. Hal ini biasanya ditemui temen-temen sehabis selesai mengikuti sebuah kegiatan atau sehabis ngerjain tugas yang cukup melelahkan.

Bingung mau ngapain ini biasanya diakhiri dengan kegiatan membuang-buang waktu seperti main game, tiduran, atau ngenet.

Siapa bilang habis selesai ngerjain amalan atau kegiatan itu berarti sudah waktunya nganggur? Kan tidak ada kata menganggur untuk seorang muslim yang baik. Karena kalau sudah selesai mengerjakan suatu urusan atau amalan, hendaklah mengerjakan urusan atau amalan yang lainnya.

Allah sudah mengingatkan kita akan hal ini dalam firmannya:

فَإِذَا فَرَغۡتَ فَٱنصَبۡ “

Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.” (Al-Insyirah: 7)

Menurut surah di atas, nganggur bukanlah sebuah kegiatan yang pantas dilakukan setelah selesai mengerjakan suatu aktivitas. Karena kita harus mengerjakan dengan sungguh-sungguh urusan yang lain setelah selesai mengerjakan suatu urusan. Selain itu, PR kita sebagai seorang muslim masih sangat jauh dari kata selesai. Masih banyak kepala manusia di luar sana yang menanti dakwah kita.

Marilah kita bersama-sama selalu berdakwah dan beramal baik tanpa pernah berhenti. Lha terus kalau lagi capek dan butuh istirahat gimana? Istirahatlah secukupnya agar bisa melanjutkan dakwah dengan penuh semangat. So, jangan nganggur lagi ya habis selesai ngerjain tugas. Karena tak ada kata nganggur dalam kamus seorang muslimin.

Al Qasim bin Asakir menceritakan tentang Sulaim bin Ayyub -seorang ulama yang berkonsentrasi dalam bidang fikih dilihat dari karya-karyanya-. Beliau berkata mengenai Sulaim, “Sulaim biasanya mengintrospeksi dirinya setiap desahan nafasnya. Beliau tidak pernah membiarkan waktu tanpa faidah. Beliau pasti mengisi waktunya dengan menyalin tulisan, belajar atau membaca. Sulaim bin Ayyub juga biasa menggerakkan kedua bibirnya (berdzikir) sampai seolah-olah bibirnya sedang meruncingkan pensil.” (Siyar A’lamin Nubala’, 17: 646)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيهِ

Di antara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat untuknya.” (HR. Tirmidzi no. 2317. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Al-Fakir Ilallahi
Abu Aththar (Aliya Imaduddin)
Menjelang Adzan di Al-Uswah
Wa akhiru da’wana ‘anil hamdulillahi rabbil ‘alamin

One thought on “Sehabis Ujian Mau Ngapain?

Apa tanggapan antum?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s