Obrolan Asyik Jelang Idul Adha, Bukan Obrolan Biasa

Obrolan Asyik Jelang Idul Adha, Bukan Obrolan Biasa

GIAT 1432 H

Assalamu ‘alaikum warohmatullahi wa barokatuh

POH mau cerita lagi nih. Kali ini kami mau crita tentang kajian yang bener-bener beda dari kajian biasa di SMA N 1 Yogyakarta. Kajian yang diadakan pada tanggal 2 November kemarin dikemas dalam bentuk obrolan menarik dan alhmaduillah berjalan dengan lancar. Acara ini dimulai sejak ba’da dhuhur atau lebih tepatnya pukul setengah satu di Aula Katamso. Tidak seperti kajian di Aula Katamso pada biasanya, kajian kali ini turut dimeriahkan ANT (Angkirang Ngarep Teladan) yang membuka warung angkringannya secara gratis di depan aula dan penampilan khusus dari NP.

Acara dibuka oleh MC kita yang tercinta, Dek Juna dan dilanjutkan dengan pembacaan surah Al-Kautsar oleh Mas Imad. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Pak Syahrullah dan sambutan dari panitia acara oleh Dek Juna. Saat hak bicara diberikan kepada ustad Nadhif Masykur, tiba-tiba saja Mas Thomas (Mas Lukman) memasuki panggung dengan sepeda onthel dan wajah tergesa-gesa. Inilah sentuhan kajian yang membuat kajian kali ini lebih menarik dan berbeda dari biasanya. Bahkan anak-anak yang hadir merasa sangat terhibur dan berulangkali tertawa dengan keras karena ulah Thomas.

Sosok Thomas yang ngos-ngosan itu mengaku memiliki kambing peliharaan yang begitu ia cintai dan sehidup semati dengannya. Kambing itu ia beri nama Heli dan diminta oleh masyarakat untuk dikorbankan. Akan tetrapi, Thomas justru kabur ke Aula Katamso dan nyasar ke Kajian songsong idul adha. Setelah dibujuk oleh Ustad Nadhif, Thomas akhirnya mau mengorbankan kambingnya.

“Woy!” tiba-tiba saja ada teriakan dari pintu bagian barat aula. Ternyata, salah seorang teman Thomas bernama Tejo itulah yang memaksanya untuk mengorbankan kambing. Setelah uring-uringan sesaat (karena ada pak ustad, jadi cuman sesaat), Tejo dan Thomas menjadi akur dan duduk di sebelah kanan dan kiri pak ustad unutuk menemaninya. Setelah memesan es teh dan gorengan, acara kajian langsung dilanjutkan kembali. Beberapa pertanyaan diajukan melalui sms ke Mos Thomas dan Mas Tejo. Salah satu pertanyaannya adalah mengenai apa hikmah di balik Idul Adha? Ternyata, haikmah dibalik Idul Adha atau Hari Pengorbanan adalah uji terhadap kecintaan kita pada Allah. Selain itu, Idul Adha adalah kebalikan dari ibadah puasa Ramadhan. Jika ketika puasa ramadhan yang kaya disuruh merasakan lapar, pada Idul Adha yang miskin diberi kesempatan merasakan kenyang dengan memakan daging.  Setelah kajian yang sangat seru dan menyenangkan, kajian ditutup Dek Juna.

Bagi yang enggak ikut rugi deh. Acara Pengajian kemarin kan bener-bener baru dan seru. Karena penampilan dari NP begitu menghibur dan asik. Selain itu, kajian kemarin juga ada angkringan gratisnya dan kajian seperti itu jauh lebih bermanfaat daripada sekedar nonton tv di rumah. Jadi, jangan lupa ikut kajian berikutnya ya.

Untuk dokumentasi kegiatan ini dapat antum lihat di sini. Sudah sekalian dengan serangkaian acara giat dari kajian sampai penyembelihan hewan qurban🙂

Wassalamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.

Departemen Media dan Jurnalistik POH

2 thoughts on “Obrolan Asyik Jelang Idul Adha, Bukan Obrolan Biasa

Apa tanggapan antum?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s