Damaskus, Pedang Umat Islam

Bismillahirrahmanirrahiim

Pedang Damaskus adalah salah satu bukti kehebatan teknologi islam. Pedang yang digunakan oleh Salahuddin Al-Ayyubi ini digunakan dalam perang salib dan memiliki kekuatan yang luar biasa karena mampu membelah sutra yang dijatuhkan langsung ke mata pedangnya.

Pedang Damaskus bukan sembarang pedang, karena pedang ini selain tajam juga kuat/ tangguh. Karena kebanyakan pedang apabila dibuat mungkin hanya akan memenuhi salah satu sifat pedang di atas saja. Misalnya, apabila pedang akan dibuat setajam mungkin maka pedang tersebut tidak akan kuat. Dan apabila pedang akan dibuat sekuat mungkin maka kemungkinan besar pedang tersebut tidak akan tajam. Oleh karena itu, pedang Damaskus adalah pedang yang bukan sembarang pedang karena mampu memenuhi 2 sifat pedang  tersebut sekaligus.

Untuk mendapatkan sifat itu pembuat pedang (empu/smith) sering menggunakan teknik tempa dengan menggabungkan dua baja yang mempunya sifat tangguh dan sifat tajam/keras. Caranya dengan menaruh baja keras di bagian luar (sisi tajam) dan baja tangguh pada bagian dalam pedang kemudian menempanya berulang kali. Sehingga dua baja dengan karakter beda itu menjadi satu dalam pedang. Cara ini sering juga disebut dengan pattern welding. Katana dari Jepang dan juga Keris dari Indonesia dibuat dengan metode ini. Tapi tidak dengan pedang damaskus

Dalam sebuah penelitian tentang pedang Damaskus ini, peneliti berhasil menemukan bahwa sebenarnya pedang legenda ini memiliki semacam lapisan kaca di permukaannya. Dan lapisan tersebut adalah karbon nanotube. Karbon ini mempunyai karakter yang luar biasa, kekuatannya 20-30 kali kekuatan baja paling kuat, demikian juga dengan kekerasannya. Jadi, tidak salah apabila pedang Damaskus dapat membelah sutera secara langsung atau menghancurkan tameng-tameng para Crusader.
Baja pedang damaskus, ternyata memiliki struktur Karbon nanotube yang benar-benar kuat. Stuktur Karbon nanotube itu terdistribusi tertentu di dalam ferit. Dan, sampai sekarang belum ada ahli yang benar-benar dapat membuat pedang yang persis dengan pedang Damaskus ini.

Subhanallah…

Apa tanggapan antum?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s