Departemen POH Rohis Al-Uswah

The last update: Desember 2014

VISI:

Menjadi pelayan rohis (umat) yang professional, transparan, terpercaya dan memberi banyak manfaat bagi seluruh warga SMA Negeri 1 Yogyakarta, dengan berlandaskan al-Quran dan Sunnah.

Departement HRD-F

Departemen HRD-F (Human Research and Development and Friend) adalah salah satu departemen POH Rohis Al-Uswah yang bergerak di bidang kaderisasi. Departemen ini berusaha mengajak kader-kader muslim untuk menjadi para penolong agama Allah. Departemen ini mempunyai target untuk menciptakan ikatan silaturrahim yang kuat di dalam barisan antar departemen POH Rohis Al-Uswah. Program kerjanya seperti mengadakan survei internal setiap departemen, POH Adventure, silaturrahim guru, kunjungan rohis, catatan departemen, evaluasi saat rapat akbar. Semu itu guna meningkatkan kemampuan dan kecakapan POH dalam arah dakwah islam.

Inilah profil departemen ukhuwah yang berharap dapat menjadi komponen dari susunan perjuangan islam. Semoga dengan langkah kecil departemen ukhuwah ini, Allah memunculkan jiwa-jiwa muslim yang terbaik.

Departemen Kajian

Departemen kajian adalah salah satu departemen POH Al-Uswah yang memiliki tugas mendakwahkan agama islam melalui kegiatan keagamaan kajian, stiker kajian, pembacaan hadist usai sholat fardhu di Masjid Al-Uswah, dan tidak hanya uswah media, kami juga mengadakan dakwah dunia maya melalui facebook masing-masing dari anggota kami. Kegiatan kajian diadakan setiap dua pekan sekali. Materi kajian disesuaikan dengan kondisi kami sebagai remaja atau pelajar. Untuk pengisi kajian biasanya dari para alumni SMA Negeri 1 Yogyakarta dan Ustad yang sesuai dengan materi. Selain kegiatan berupa kajian, departemen kajian juga membuatkan resume singkat materi kajian yang telah diselenggarakan. Resume singkat tersebut berbentuk stiker yang dibagikan kepada seluruh warga SMA Negeri 1 Yogyakarta.

Departemen Rohis Kelas

Dibawah komando POH. Kami, departemen rohis kelas (RK) adalah salah satu departemen yang bernaung di bawahnya. Kami menangani berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan kepengurusan rohis yang ada di kelas-kelas, baik itu kelas X maupun kelas XI. Dengan adanya rohis kelas diharapkan mereka dapat ikut menyatu dan melaksanakan kegiatan dakwah yang ada di SMA Negeri Teladan ini. Bentuk-bentuk kegiatan kami antara lain adanya Ask.Uswah, infak Jumat, penyalur aspirasi umat, hadist corner, dan kendali suasana islami kelas. Ask.Uswah berbentuk seperti buletin, hanya saja isinya adalah pertanyaan umat dan jawaban dari POH mengenai yang ditanyakan. dalam pembuatannya, kami akan bekerja sama dengan departemen uswah media dan ukhuwah. Hadist corner adalah penulisan hadist di setiap pojok papan tulis kelas.

Departemen Uswah Media

Departemen Uswah Media memiliki tujuan untuk meningkatkan kultur islami di SMA Negeri 1 Yogyakarta serta dakwah melalui media massa.

Kegiatan departemen media dan jurnal berada dalam lingkup jejaring sosial, dakwah dilakukan di situs www.rohisaluswah.wordpress.com serta jejaring sosial seperti facebook (POH Rohis Al-Uswah) dan twitter (@rohisaluswah). Dakwah yang  dilakukan berupa poster digital dan artikel (doakan istiqomah ya, aamiin). Dakwah ini juga untuk mengingatkan teman-teman rohis al-Uswah akan kegiatan atau acara keagamaan yang waktunya sudah dekat. Selain itu, departemen Uswah Media juga berperan dalam mendokumentasikan seluruh kegiatan POH Rohis Al-Uswah.

Departemen Keakhwatan

Departemen keakhwatan merupakan departemen yang menjalankan program-program khusus untuk akhwat. Beberapa program diantaranya ada kajian keakhwatan, jurnalistik keakhwatan, media sosial.

Kajian keakhwatan bertujuan mempererat silaturrahim khususnya sesama muslimah di SMA Negeri 1 Yogyakarta, juga untuk memantapkan dasar-dasar ilmu yang dibutuhkan seorang muslimah. Selain itu, juga ada jurnalistik keakhwatan. Bentuk kegiatannya berupa pembuatan buletin dan menyebarkannya ke kelas-kelas. Selain itu, ada juga dakwah media sosial di akhwataluswah.tumblr.com dan @akhwataluswah.

Departemen Masjid

Departemen Masjid terbagi atas 2 divisi. Divisi itu adalah divisi perlengkapan-kebersihan dan divisi takmir. Divisi takmir masjid bertugas mengurusi kegiatan masjid, seperti, Menbuat jadwal sholat Jumat, jadwal mu’azin dan imam, serta mempublikasikan jadwal sholat lewat interkom dan guru.

Selain itu ada juga divisi perlengkapan-kebersihan. Divisi ini mengurusi segala bentuk fisik masjid maupun basecamp rohis. Mulai dari memperbaiki, merawat, sampai pengadaan sarana prasarana yang ada & tugas menjaga kebersihan pun juga kami lakukan.

Semua itu kami lakukan demi memakmurkan dan menjaga rumah Allah ‘Azza wa Jalla. Semoga program-program departemen masjid yang telah kami rencanakan dapat terlaksana sesuai dengan target dan lancar. Amiiin.

Departemen StreetGear-shop

Departemen streetgear-shop bergerak melayani umat dalam kegiatan menjual berbagai barang kebutuhan umat. barabg-barang tersebut adalah kerudung  syar’i, deker, kaos kaki, ciput kerudung, dan peci. Selain itu, kami juga menjual kaos rohis, pin, dan jaket rohis Al-Uswah. Sebagai muslim, tentunya kita bangga dengan barang-barang bersimbolis Islam. Kita bangga menjadi seorang muslim!

Apa tanggapan antum?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s